Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kapal Induk Nuklir Amerika Yang Aktif Beroperasi di Lautan

Kapa Induk Aktif Amerika

iShabri.Com Amerika Serikat adalah negara yang jumlah kepemilikan kapal induk terbanyak di dunia, tidak tanggung tanggung, mereka memiliki setidaknya 11 kapal induk aktif yang dioperasikan oleh angkatan laut. 11 Kapal Induk Amerika tersebut akan dijelaskan di artikel ini satu persatu.

Dari 11 kapal induk yang dimiliki amerika tersebut, 10 diantaranya adalah Nimitz class, 1 lagi adalah Ford class yakni USS Gerald R. Ford (CVN 78) yang baru beroperasi sejak tahun 2017.

Oh iya, Amerika sedang berencana membuat 4 kapal induk lain, diantaranya yang sudah di beri nama adalah USS John F. Kennedy (CVN 79), USS Enterprise (CVN 80) dan USS Doris Miller (CVN 81).

China juga tidak kalah bersaing dengan amerika dalam pembuatan kapal induk, setidak nya tiongkok meiliki 2 kapal induk, seakan china dan amerika bersaing untuk merajai dunia maritim. Melihat bertumbuhan serta perkembangan china saat ini, bukan tidak mungkin negara panda juga dapat menjadi dominan dilautan, terutama angkata laut.

Adapun daftar 11 kapal induk amerika serikat akan di bahas dibawah ini.

11 Kapal Induk Amerika Serikat

USS Nimitz (CVN 68)

Kapal Induk USS Nimitz adalah kapal induk pertama pada kelas nimitz dan juga merupakan flight carrier amerika pertama dengan bahan bakar nuklir, nama kapal induk ini sendiri di ambil dari nama Admiral Chester W. Nimitz yang merupakan pimpinan tertinggi armada pasifik Amerika Serikat selama Perang Dunia II.

11 Kapal Induk Amerika Yang Masih Aktif Beroperasi di Lautan
Chester W. Nimitz, Angkatan Laut AS, di atas kapal pelatihan Angkatan Laut AS, sekitar tahun 1907.

USS Nimitz mulai beroperasi tepatnya pada 3 Mei 1975. Dengan propulsi 2 reaktor nuklir mampu menggerakkan setidaknya 4 mesin dan 4 baling baling pada kapal. Nimitz CVN 68 memiliki Panjang, keseluruhan: 1,092 kaki (332,85 meter), Lebar Dek Penerbangan: 252 kaki (76,8 meter) dan Luas dek untuk landasan penerbangan adalah sekitar 4,5 hektar (18211,5 m2). Kecepatan kapal induk amerika USS Nimitz adalah 30 Knot Laut.

USS Dwight D. Eisenhower (CVN 69)

Kapal Induk USS Dwight adalah kapal induk kedua amerika dengan bahan bakar nuklir, kapal ini juga termasuk dalam nimitz class, proses penamaan kapal ini di ambil dari nama presiden Amerika yang ke 34 yaitu President Dwight D. Eisenhower.

USS Dwight memiliki panjang keseluruhan adalah 1.092 kaki (332,85 meter) dengan lebar dek untuk proses takeoff dan landing jet tempur 252 kaki (76,8 meter) dan Area dek penerbangan: sekitar 4,5 hektar

Kapal Induk Dwight mulai dioperasikan atau bertugas dengan angkatan laut amerika serikat pada tahun 1977 dengan komandan tertinggi kapal adalah Capt. William E. Ramsey.

USS Carl Vinson (CVN 70)

Kapal Induk Ke 3 Amerika Nimitz class (Nuclear Power). Pemberian nama kapal ini tidak biasa karena bukan dari kalangan militer, tapi dari anggota kongres amerika yaitu Carl Vinson.

Meskipun demikian carl telah memberikan cukup banyak konstribusi bagi negara karena penamaan nama kapal induk membutuhkan banyak pertimbangan sehingga pada titik penamaan nama.

USS Carl Vinson pertama kali mendaptkan mandat penugasan resmi bagi angkatan laut adalah pada tahun 1982.

Flight Carrier Carl Vinson memiliki panjang keseluruhan adalah 1.092 kaki (332,85 meter) dengan lebar dek penerbangan 252 kaki (76,8 meter) dan area dek penerbangan sekitar 4,5 hektar.

USS Theodore Roosevelt (CVN 71)

USS Theodore adalah kapal induk ke empat amerika serikat yang menggunakan bahan bakar nuklir. Kapal induk ini aktif di beberapa perang yang melibatkan amerika, diantaranya adalah Gulf War 1991 (Perang Teluk), Operation Allied Force in 1999 yugoslavia, Operation Enduring Freedom pada tahun 2001/2002 dan juga operasi pembebasan irak dari berbagai masalah dinegaranya pada tahun 2003 silam.

USS Abraham Lincoln (CVN 72)

USS abraham lincoln adalah kapal induk kelima amerika dengan reaktor nuklir, kapal ini masih aktif beroperasi hingga sekarang di berbagai misi.

Pada tahun 2004 ketika musibah Tsunami melanda daerah di Indonesia khusus aceh, tiga hari kemudian Kapal Induk Abraham Lincoln langsung datang melabuh jangkar di Perairan aceh, dekat antara pulau sabang dan main land banda aceh guna melakukan misi kemanusian, berupa bantuan medis dan juga melakukan evakuasi serta memberikan bantuan.

USS George Washington (CVN 73)

Kapal Induk keenam amerika yang merupakan nimitz class adalah USS George Washington, USS Washington pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1990 dan mulai bertugas beroperasi pada tahun 1992.

Kapal Induk nuklir george washington memiliki dua reaktor nuklir untuk mengisi tenaga 4 mesin utama kapal serta setiap mesin memiliki satu propeler.   

USS John C. Stennis (CVN 74)

USS John C Stennis adalah kapal induk amerika dengan CVN 74 yang memiliki luar lebih kurang 2 hecktar. Kapal induk USS Stennis ialah salah satu dari beberapa kapal perang angkatan laut amerika yang memiliki kode pos layaknya sebuah kota di amerika serikat, kapal Induk USS John C Stennis dengan alamat surat adalah USS JOHN C STENNIS CVN 74, UNIT 100175 BOX 1, FPO AE 09512.

USS Stennis memiliki 2 reaktor nuklir yang mampu memberikan tenaga listrik dan juga bahan bakar kapal, kemampuan bahan bakar yang dihasilkan dari tenaga nuklir, kapal induk mampu berlayar 20 tahun lebih tanpa harus mengisi bahan bakar.

USS Harry S. Truman (CVN 75)

Kapal induk USS Truman merupakan kapal induk ke delapan kategori nimitz class angkatan laut amerika, kapal ini mulai beroperasi pada tahun 1998.

Wilayah operasi yang pernah dilakukan oleh kapal ini kebanyakan di peraian arab atau negara teluk.

USS Ronald Reagan (CVN 76)

Aircraft Carrier atau juga disebut kapa induk amerika yang ke sembilan adalah USS Ronald Reagan, kapal ini adalah satu satunya kapal induk amerika yang bermaskas di Asia, yaitu di Yokosuka, Jepang.

USS Reagan pertama kali ditugaskan secara resmi pada tahun 2003 dengan pimpinan tertinggi adalah Captain John W. Goodwin.

11 Kapal Induk Amerika
Captain John W. Goodwin

USS George H. W. Bush (CVN 77)

Kapal induk amerika serikat terakhir kelas Nimitz adalah USS George H.W. Bush, kapal ini dinamai dengan nama Presiden ke 41 Amerika.

Walaupin USS George Bush adalah termasuk kapal induk Nimitz, namun secara keseluruhan berbeda dari kapal induk lainnya di kelas nimitz.

USS Bush bertugas secara resmi teptnya pada 10 january 2010. Kapal ini bermarkas di amerika tepatnya di Norfolk, Virginia.

USS Gerald R. Ford (CVN 78)

Kapal Induk terakhir amerika serikat yang aktif beroperasi sampai saat ini adalah USS Gerald R Ford, kapal tegolong masih baru dalam penugasan resmi. USS Ford secara resmi bertugas pada tahun 2013.

Ford adalah kelas kapal induk terbaru amerika, sangat jauh berbeda dengan kelas Nimitz walaupun sama sama mengunakan reaktor nuklir untuk bahan bakar mesin dan juga listrik.

Baca juga: Pesawat Tempur F-22 Raptor Sejarah dan Kecanggihan, Harga per Unit 2Triliun

Kapal Induk Amerika USS Gerarl R Ford adalah Flight Carrier pertama amerika dengan sistem elektronik. Terknologi terbaru kapal ini juga terletak pada bagian reaktor nuklir dimana USS Ford menggunakan Reaktor Nuklir terbaru A1B, sistem luncur elektomaknetik pesawat atau Electromagnetic Aircraft Launch System (EMALS) dan dilengkapi dengan Dual Band Radar (DBR).

Dual Band Radar adalah yang pertama dibuat dalam sistem radar angkatan laut amerika, dual band ini memungkin kan komunikasi dengan frekuensi S-Band dan X-Band.

Daftar Kapal Induk amerika di atas rata rata memili jangkaun berlayar tidak terbatas, artinya dengan suplai tenaga mesin nuklir yang dimiliki mampu berlayar dalam jangkauan tak terhingga tanpa harus mengisi bahan bakar atau mengganti reaktor, karena reaktor nuklir sendiri mampu bertahan memberikan suplai tenaga selam 20 sampai 25 tahun.

Posting Komentar untuk "11 Kapal Induk Nuklir Amerika Yang Aktif Beroperasi di Lautan"