Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesawat Tempur F-22 Raptor Sejarah dan Kecanggihan, Harga per Unit 2 Triliun

Pesawat Tempur F-22 Raptor Sejarah dan Kecanggihan, Harga per Unit 2Triliun

Pesawat Tempur F-22 Raptor adalah salah satu dari sekian banyak Fighter Jet buatan Amerika serikat yang memiliki kecanggihan dan keandalan dalam pertempuran, pesawat tempur ini memiliki kemampuan handal tersendiri dibandingkan dengan jenis pesawar fighter lain.

Sejarah Pesawat Tempur F-22 Raptor

Berawal dari sebuah keinginan Angkatan udara amerika serikat yang mau menggantikan pesawat F-15 Eagle, muncul lah sebuah ide cikal bakal dari F 22 raptor yang dikenal saat ini, karena pada masa itu amerika ingin mengungguli russia dari berbagai hal terutama bidang militer. Rusia dengan Sukhoi SU-27 buatan dalam negeri menjadikan penyemangat bagi amerika untuk segera membuat sebuah pesawat tempur yang lebih unggul dari Su-27.

Superioritas Udara yang diinginkan Amerika Serikat membuahkan hasil karena negara United State of A mulai mengembangkan 2 cikal bakal pesawat tempur F-22 raptor yang dinamai yaitu YF-22 dan YF-23.

Proses awal sejak prototype di perkenalkan, butuh waktu cukup lama sehingga F22 raptor jadi dan siap digunakan, dengan biaya yang sangat besar pula akhirnya F22 raptor yang diinginkan oleh angkatan udara amerika berhasil terbang perdana dengan sempurna pada tahun 1997.

Spesifikasi F-22 Raptor Buatan Amerika

F-22 Raptor adalah pesawat siluman yang memiliki kecepatan hingga 2 kali kecepatan suara atau sering disebut dengan istilah Mach 2. Pesawat F-22 diklasifikasin sebagai pesawat Fighter.

Pesawat in memiliki kemampuan manuver yang mengagumkan, jikalaupun terdapat pesawat lain yang memiliki kemampuan di udara yang sama, namun F22 dilengkapi dengan persenjataan canggih yang belum tentu terdapat pada pesawat lawan.

Dimensi Pesawat F22

Rentang sayap: 44 kaki 6 inci (13,56 m)Panjang keseluruhan: 62 kaki 1 inci (18,92 m)Tinggi keseluruhan: 5,08 mLuas sayap: 78 m2Kecepatan: Mach 2 (2470 Km/Jam)Ketinggian Terbang (Ceiling): Diatas 50,000 feet FL500 (15 kilometers ke atas)Mesin: 2x Mesin Turbofan buatan Pratt & Whitney Tipe F119-PW-100 dengan afterburner dan nozel thrust vectoringSistem Persenjataan: Senapan Mesin M61A2 20-milimeter Mampu membawa 480 butir peluru, dua AIM-9 rudal infrared air-to-air dan internal main weapon bays carriage dari enam AIM-120 radar-guided air-to -rudal udara atau dua GBU-32 JDAM seberat 450kg dan dua rudal air to air berpemandu radar AIM-120.Jumlah Pilot: 1 PilotHarga per Unit: $143 Juta (2 Triliun per Unit)

Jangan kaget dengan harga F 22 raptor yang mencapai angka 2 Triliun per unit, bayangkan jika Pemerintah indonesia membeli pesawat dengan harga segitu, bisa jadi mahasiswa demo, karena angka segitu sangat mahal untuk sebuah pesawat bagi indonesia.

Namun harga yang mahal tentu dibarengi dengan kekampuan yang dapat diandalkan, karena pesawat tempur merupakan pertahanan udara yang sangat diperlukan bagi sebuah negara guna menjaga kedaulatan.

Namun pesawat raptor f22 ini hanya digunakan oleh Angkatan Udara Amerika serikat, mereka belum beniat menjualnya ke nagara lain. Angkatan udara amerika memiliki setidaknya 186 F-22 raptor saat ini.

Mesin F22 Raptor

F22 Raptor menggunakan 2 buah mesin Turbofan buatan Pratt & Whitney Tipe F119-PW-100 dengan afterburner dan nozel thrust vectoring.

Thrust vectoring, juga dikenal sebagai thrust vector control, adalah kemampuan pesawat terbang, roket, atau kendaraan lain untuk memanipulasi arah gaya dorong dari mesin atau motornya untuk mengontrol sikap atau kecepatan sudut kendaraan

Wikipedia: Thrust vectoring


Berita juga bisa dilihat di Channel YouTube berjudul Pesawat Siluman F-22 Raptor, Harga Per Unit 2 Triliun

Post a Comment for "Pesawat Tempur F-22 Raptor Sejarah dan Kecanggihan, Harga per Unit 2 Triliun"