Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Tentang Perusahaan Ground Handling

ishabri.com Bagi Anda yang bekerja dalam bidang penerbangan, atau paling tidak penumpang yang sering bepergian dengan transportasi udara, pasti pernah atau sering mendengar istilah Perusahaan Ground Handling. Ground Handling adalah merupakan bagian penting bagi terciptanya sebuah penerbangan.

Layanan ini adalah layanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan untuk melayani penumpang di bandara.

Untuk menambah wawasan Anda tentang salah satu jenis layanan di bandara ini, berikut akan dijelaskan tentang apa itu Ground Handling dan segala hal yang berkaitan dengannya.

Apa Itu Perusahaan Ground Handling?

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang salah satu layanan yang ada di bandara ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Ground Handling. Istilah ini diambil dari 2 kata dalam bahasa Inggris, yaitu Ground dan Handling.

Ground bermakna di darat, dalam konteks layanan ini yang dimaksud di darat adalah di bandara. Sementara itu, handling yang juga berasal dari kata bahasa Inggris to handle yang memiliki arti menangani. Handling sendiri bisa dimaknai sebagai pelayanan atau penanganan, jadi sudah tahu ?

Baca juga: Pemerintah Lakukan Repatriasi WNI karena efek Corona

Dari pengertian secara literal tersebut, istilah ini digunakan untuk merujuk pada layanan atau aktivitas yang diberikan oleh perusahaan penerbangan berkaitan dengan penanganan penumpang beserta bagasi, pos, kargo beserta peralatan yang membantu pergerakan pesawat di bandara.

Layanan atau penanganan ini diberikan baik saat keberangkatan (departure) maupun kedatangan (arrival). Layanan ini dikenal dengan berbagai istilah, seperti Ground Service, Airport Service dan tata operasi darurat.

Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian dari Ground service atau tata operasi darurat. Ada beberap jenis kegiatan yang termasuk dalam tata operasi darurat ini. Kegiatan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Check-in Counter

Check-in counter ini adalah sebuah layanan dimana penumpang harus melapor saat akan bepergian dengan menggunakan pesawat.

Petugas check-in counter memiliki beberapa tugas, diantaranya menyiapkan dokumen yang berkaitan dengan penumpang serta bagasinya.

Baca juga: Tahapan Penting Untuk Anda Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Tugas selanjutnya adalah pengecekan dokumen perjalanan, seperti tiket, identitas penumpang, seat number dan beberapa dokumen lain yang dibutuhkan.

Apabila dokumen perjalanan milik penumpang sudah lengkap, selanjutnya petugas check-in counter akan memberikan boarding pass kepada penumpang.

2. Keamanan (Avsec Security)

Kegiatan yang termasuk dalam Ground Handling selanjutnya adalah security atau keamanan. Aktifitas ini dilakukan ketika penumpang baru masuk ke gerbang atau pintu masuk bandara.

Biasanya kegiatan yang dilakukan meliputi pengecekan penumpang, dari mulai barang bawaan hingga tiket.

3. Boarding Gate

Penumpang selanjutnya akan masuk ke area boarding gate (ruang tunggu). Disini, petugas akan kembali memeriksa boarding pass penumpang.

Termasuk dalam tugas yang dilakukan oleh staff boarding gate adalah mengarahkan penumpang untuk masuk ke dalam pesawat berdasarkan urutan ketika pesawat sudah boarding.

4. Baggage and Cargo Ground Handling Adalah?

Kegiatan yang termasuk dalam ground Handling berikutnya adalah baggage and cargo handling. Kegiatan ini bertujuan untuk menangani bagasi serta kargo yang akan dibawa berangkat maupun kargo yang tiba di bandara tujuan.

Termasuk di dalamnya adalah pengecekan dan pencocokan label bagasi penumpang sesuai dengan nomor bagasi yang sudah diberikan kepada penumpang sebelumnya.

Apabila bagasi mengalami kerusakan atau kehilangan, maka prosedur berlanjut dengan melaporkan bagasi yang rusak dan hilang tersebut ke bagian lost and found untuk kemudian diproses kembali.

5. Aircraft Handling

Kegiatan yang masuk dalam ground handling terakhir adalah aircraft handling. Kegiatan ini adalah penanganan terhadap pesawat ketika pesawat sedang di darat.

Kegiatan yang dilakukan meliputi, refueling (pengisian bahan bakar), maintanance (perawatan pesawat), bongkar dan muat bagasi serta kargo hingga persiapan peralatan yang akan digunakan oleh penumpang untuk naik dan turun pesawat.

Layanan Ground Handling ini diberikan untuk tujuan agar mencapai target atau sasaran tertentu.

Setidaknya ada 4 tujuan dibentuknya layanan ini. Pertama adalah untuk safety (keamanan). Tujuan selanjutnya adalah agar perjalanan atau penerbangan dapat berjalan tepat waktu (on time performance).

Selanjutnya, dibuat untuk tujuan kepuasan pelanggan (customer satisfaction), yang mana memang pada setiap kegiatan yang termasuk dalam layanan ini berorientasi pada penumpang, sehingga kepuasan penumpang menjadi tujuan yang ingin dicapai dengan adanya layanan ini.

Tujuan terakhir adalah untuk memberikan keandalan (reliability).   Hal ini dibuktikan dengan penggunaan equipment dan sumber daya manusia yang dipilih memiliki kualitas terbaik.

Ruang lingkup Ground Handling

Ruang lingkup Ground Handling pada sebuah bandara meliputi wilayah Apron Bandara dimana pesawat diparkir disana.

Juga pada wilayah didalam teminal karena check-in staff juga bagian dari ground handling.

Kumpulan Perusahaan Ground Handling di Indonesia

Secara umum, istilah ground handling mengacu pada jasa pelayanan penumpang yang disediakan oleh maskapai yang menggunakan jasa dari pihak ketiga.

Meski demikian, umumnya penyedia layanan ini adalah anak perusahaan dari perusahaan maskapai itu sendiri, yang memang hanya menyediakan dan berfokus untuk memberikan layanan penumpang dan bagasi di bandara.

Ada banyak perusahaan yang sudah memberikan pelayanan penumpang di setiap bandara di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa diantara perusahaan ground handling service yang sudah terkenal dan mungkin sering Anda temui saat di bandara.  

  • PT Jasa Angkasa Semesta (JAS)

Perusahaan penyedia layanan atau jasa Perusahaan ground handling pertama adalah Jasa Angkasa Semesta (JAS). Berdiri sejak tahun 1984, perusahaan ini juga menjadi perusahaan ground service/handling pertama yang ada di Indonesia.

Kini, perusahaan ini sudah melayani setidaknya 35 maskapai penerbangan, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Perusahaan ini bahkan sudah mencapai prestasi mengagumkan dalam pemberian layanan penumpang ini, termasuk dipercaya untuk menangani tamu-tamu penting kenegaraan.

Tak hanya itu, perusahaan ini juga dipercaya sebagai Co-Branding untuk program promosi wisata Wonderful Indonesia.

  • Gapura Angkasa

Perusahaan penyedia layanan ground handling selanjutnya yang juga tak kalah besar adalah Gapura. Hingga saat ini, perusahaan ini sudah beroperasi di hingga lebih dari 50 bandar udara di Indonesia.

Gapura ini memberikan layanan tidak hanya untuk pesawat komersil, melainkan juga jet pribadi dan coporate, pesawat kargo hingga penerbangan-penerbangan untuk penumpang VVIP dan juga Pasasi .

Layanan yang diberikan juga sangat lengkap, layaknya layanan ground service lainnya, yaitu meliputi representation, passenger service, administrasion and supervision hingga cargo & mail service dan berbagai layanan lainnya.

Ngomong ngomong gapura ini juga merupakan ground Handling Garuda Indonesia, karena maskapai tersebut mempercayai Gapura untuk aktivitas ground Handling mereka di wilayah Indonesia.

  • PT Prathita Titiannusantara (PTN) 

Terakhir ada PT Prathita Titiannusantara (PTN) yang juga menjadi satu dari sekian banyak perusahaan penyedia layanan Ground service di Indonesia.

Ketika awal didirikan di tahun 1987, perusahaan ini hanya bergerak di bidang ground support equipment, cargo dan general trading.

Namun kini, pelayanan yang diberikan pun kian bertambah. Hingga saat ini, perusahaan ini memberikan layanan ground service baik untuk penerbangan reguler maupun VVIP, baik untuk penerbangan domestik hingga internasional.

Hingga saat ini, perusahaan ini bahkan sudah beroperasi di 33 Bandar Udara di seluruh Indonesia.

Baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual, Virtual Assistant Telkomsel

Demikian tadi penjelasan singkat dan padat tentang layanan ground handling yang biasanya dijumpai di bandara.

Dari penjelasan tersebut kini Anda jadi lebih memahami tentang dunia penerbangan lebih luas lagi, termasuk layanan yang diberikan, salah satunya adalah ground service ini.

Dari penjelasan ini pula Anda kini jadi tahu, kegiatan-kegiatan apa saja di dalam bandara yang termasuk dalam layanan ground service ini.

Jadi kesimpulan nya ground handling adalah perusahaan yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan penerbangan dengan segala upaya yang dilakukan untuk membuat penerbangan berjalan dengan lancar.

Post a Comment for "Mengenal Tentang Perusahaan Ground Handling"